Kelebihan Mitsubishi Expander

Di Indonesia, pasar mobil terbesar masih dikuasai jenis Multi Purpose Vehicle atau MPV. Dan dari tahun ke tahun, Toyota Avanza menjadi bintangnya.

Maka, tidak heran jika pabrikan mobil lain berusaha menggoyang keperkasaan mobil sejuta umat tersebut. Seperti Mitsubishi Indonesia, yang baru saja melahirkan small MPV dengan harga kompetitif, yakni Rp189-246 jutaan.


Saat ini, harga Avanza diketahui ada di angka Rp189,7 -236 juta. Dengan harga yang kurang lebih sama, mampukah mobil baru Mitsubishi yang digadang-gadang mengusung nama Expander itu menyaingi Avanza?

Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota Astra Motor mengatakan, produk baru seperti Expander biasanya memang dilirik oleh konsumen. Jika produk itu bagus, pasti banyak yang mau membeli.

“Kelihatannya, kalau pilihan mereka adalah emosional atau style, konsumen akan memilih Expander. Kalau masalah resale value (harga jual kembali) dan layanan purnajual, konsumen yang menilai,” ujarnya saat dihubungi, Rabu 26 Juli 2017.

Pria yang akrab disapa Soerjo ini percaya, setiap ada produk MPV baru, pasar akan terus berkembang. Kata dia, itu bisa dilihat dari saat Honda Mobilio pertama kali muncul. Pasar MPV tambah besar, jadi konsumen memiliki banyak pilihan.

Ia juga mengatakan, Avanza dipilih oleh banyak perusahaan untuk dijadikan mobil operasional karena sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Karena Avanza penggerak roda belakang, jadi untuk daya angkut lebih besar. Tergantung kebutuhan si konsumen,” tuturnya.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan produk baru bisa menjadi mobil operasional perkantoran. Menurutnya, kalau operasional dengan beban besar, sebaiknya menggunakan Avanza. Tapi kalau mau style dan beban yang tidak besar, maka mereka bisa memilih Mobilio atau Expander. (mus)

Mitshubishi akhirnya telah memperkenalkan mobil yang akan menjadi pesaing Toyota Avanza. Dengan bentuk lebih macho, mobil berjenis small MPV ini sangat menarik perhatian.